Senin, 08 Juli 2013

tokoh sejarah masa hindu & buddha

1.mulawarman

raja mulawarman merupakan seorang toko sejarah pada masa kerajaan hindu .
Dia adalah raja terkenal dari kerjaan kutai , kalimantan timur .
Kerajaan ini disebut sebagai kerjaan hindu pertama di indonesia , kira kira tahun 400 masehi .
Raja mulawarman merupakan seorang raja pertama yang sadar tentang pentingnya membaca dan menulis . Oleh karena itu ,
dia selalu memerintahkan para pembantunua untuk menuliskan peristiwa kerajaan dalam prasasti atau batu bertulis . Jadi . Kisah mengenai raja mulawarman diperoleh dari tujuh buah prasasti yang disebut yupa yang berbentuk tiang batu . Batu bertulis ini memakai bahasa sansekerta dan huruf pallawa dari india .
:D
mulawarman ialah anak dari raja aswawarman dan cucu dari raja kunduga . Raja mulawarman adalah raja yang sangat kaya . Dia suka mengadakan upcara korban emas dan suka menghadiakan sapi untuk golongan brahmana atau golongan tertinggi dalam agama hindu .
Dikerjaan ini juga suka dilakukan upacara asmawedha atau upacara pelepasan kuda untuk menentukan batas btasa wilayah kerajaan . Kerajaan ini telah melakukan kegiatan dagang dengan negara negara di india .

2. Raja purnawarman
raja purnawarman dari kerajaan tarumanagara dijawa barat juga memiliki kebiasaan yang sama dengan raja mulawarman dia memerintahkan para pembantunya untuk selalu mencatat kegiatan kerajaan dala prasasti atau batu bertulis
maksudnya adalah agar kisah mengenai kerajaan ini dapat diketahui oleh generasi berikutnya . Ternyata , hal itu benar kita yang hidup sekarang dapat mengetahui kisah kerajaan ini dari tujuh buah prasasti yang kini tersimpan dimuseum
nasional jakarta . Ketujuh prasasti itu adalah prasasti :
1. Prasasti ciaruten
2. Prasasti kebon kopi
3. Prasasti jambu
4. Prasasti muara cianten
5.prasasti tugu di bekasi
6 . Prasasti pasir awi di leuwiliang
7 . Prasasti munjul di banten .
Raja purnawarman yang beragama hindu ini sangat memperhatikan nasib rakyat nya . Terutama para petani dan pedagang . Oleh karena itu , dia memerintahkan para pembantunya untuk membangun sebuah terusan air disungai gomati yang panjang nya 12 KM . Tugas ini dikerjakan oleh tenaga kerja yang sangat banyak sehingga bisa selesai dalam waktu 21 hari . Saluran air ini dipakai untuk mengairi sawah petani agar panen melimpah . Saluran air ini juga dipakai untuk mencegah banjir . Sarana lalu lintas barang dari pedlaman ke daerah luar yang berbatasan dengan pantai , berkat jasa nya , pertanian dan perdagangan ditanumanafar sangat maju

3. Raja balaputera dewa
raja balaputera dewa merupakan raja terkenal dari sriwijaya yang terletak disumatra seltan dan semenanjung malaya . Jadi . Wilayah kerajaan ini sangan luas dan menguasai jalur perdagangan diselat malaka . Oleh karena itu . Kerajaan sriwijaya disebut sebagai kerajaan maritim karena menguasai perdagangan antarnegara.
Raja balaputera dewa suka menganjurkan rakyat nya untuk bekerja sama dan belajar dari bangsa asing . Dia juga mendorong warganya untuk belajar keluar negri seperti cina dan india . Hasil belajar itu dipakai untuk kemajuan pedagang yang maju sehingga perdagangan sriwijaya dapat dikuasai oleh para pedagang sriwijaya sendiri . Untuk membantu pelajar sriwijaya , dia membangun asrma diindia . Pada masa pemerintahan nya , kerajaan sriwijaya mengalami perkembangan yng pesat . Perdagangan di selat malak semakin ramai . Hubungan dengan kerajaan tetangga juga baik . Sriwijaya menjadi pusat belajar agama buddha dan pusat penyebarannya ke asia tenggara , para pendeta buddha dari cina banyak belajar agama buddha di sriwijaya hail ini menunjukan kemajuan masyarakt sriwijaya yang juga bersahabt dengan bangsa asing .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar