Minggu, 04 Agustus 2013

kontak dengan negara lain

Adakah manusia yang mampu hidup sendiri ? Bagaimana upaya untuk memenuhi kebutuhan hidup nya ? Untuk bisa memenuhi kebutuhan hidupnya , manusia harus mengadakan kontak komunikasi dengan manusia lain . Manusia pada dasarnya tidak mampu hidup sendiri karena manusia adalah mahluk sosial .manusia dalam hidupnya sangat membutuhkan hubungan dan kerja sama dengan orang lain dalam memenuhi kebutuhan hidupnya .
Iteraksi sosial merupakan salah satu faktor penting yang mendasari aktivitas sosial dalam memenuhi kebutuhan hidup . Interaksi sosial adalah hubungan antara orang dang orang , antara orang dan kelompok , serta antara kelompok dan kelompok .
Dalam berinteraksi sosial , manusia harus mampu menyesuaikan diri terhadap lingkungan nya , ada beberapa faktor yang mendasari terjadinya interaksi sosial , yaitu kontak sosial dan komunikasi sosial.
Sejak dahulu bangsa indonesia sudah melakukan interaksi sosial dengan negara lain dalam memenuhi kebutuhan hidupnya . Indonesia sudah terkenal sebagai penghasil rempah rempah . Selain rempah rempah , indonesia juga memiliki komoditas lain seperti emas, perak , batu permata , kain katun , teh , kopi , dan hasi alam lain nya yang bermutu tinggi . Hal ini menjadi daya tarik bangsa bangsa lain untuk membeli hasil bumi itu .
Interaksi sosial yang terjadi antar bangsa dalam proses perdagangan tersebut mendorong terjadinya proses akulturasi dan asimilasi budaya . Pedagang pedagang yang datang dari berbagai penjuru dunia membawa kebudayaan masing - masing . Pedagang-pedagang yang datang dari cina dan india membawa kebudayaan hindu-buddha . Pedagang pedagang yang datang dari arab, persia , dan gujarat membawa kebudayaan islam . Begitu pula pedagang pedagang dari eropa membawa ajaran nasrani . Hal ini menjadi pendorong utama terbentuknya keanekaragaman agama diindonesia .
Hidnu dan buddha masuk ke indonesia sekitar abad kedua dan abad keempat masehi pedagang dari india yang datang ke sumatra , jawa ,sulawesi membawa agama mereka . Agama hindu mulai berkembang di pulau jwa pada abad ke 5 .
Para pedagang juga mengembangkan ajaran buddha .
Hasilnya kebudayaan hidnu dan buddha memengaruhi terbentuknya kerajaan krajaan bercorak hindu - buddha seperti kerajaan kutai , sriwijata , tarumanagara , maataram hidnu , majapahit , dan kerajaan kerajaan lainnya .
Sebuah candi buddha terbesar di dunia , borobudur , telah di bangun oleh kerajaam mataram dari dinasti syailendra . Pada waktu yang hampir sama , candi prambanan juga dibangun .
Puncak kejayaan kerajaan kerajaan bercorak hindu buddha terjadi pada abad ke 14 yaitu pada masa pemerintahan kerajaan majapahit , kerajaan ini telah berhasil menanamkan pengarug politiknya keseluruh penjuru tanah air .
Islam pertama kali masuk ke indonesia pada abad ke 7 melalui pedagang arab .
Islam menyebar ke pantai barat sumatra , kemudia menyebar ke timur pulau jawa . Pada abad ke 13 , kerajaan samudra pasai berdiri sebagai kerajaan bercorak islam pertama .
Pada masa berikut nya .berdiri banyak kerajaan islam lainnya . Seperti kerajaan aceh darussalam . Malak , demak , banten , banjar , mataram islam , kesultanan makassar serta kerajaan ternate dan tidore , banyaknya kerajaan islam yang berdiri menandakan kuatnya pengaruh islam di indonesia . Sampai saat ini , indonesia menjadi negara terbesar dunia yang mayoritas penduduknya agama islam .
Kristen katolik dibawa masuk keindonesia oleh bangsa portugis , khususnya dipulau flores dan timor . Ada pun kristen protestan pertama kali diperkenalkan oleh bangsa belanda pada abad ke 16 masehi , termasuk maluku , nusa tenggara , papua dan kalimantan , kemudian kristen menyebar ke toraja ,sulawesi . Wilayah sumatra juga menjadi daerah penyebbaran agama kristen protestan .

1 komentar: